Frequently Asked Questions (FAQ) merupakan kumpulan pertanyaan yang sering diajukan beserta jawabannya. FAQ juga sering disebut QnA atau Q&A adalah (Questions And Answers) yang dapat diterjemahkan sebagai Pertanyaan dan Jawaban.
Berikut merupakan FAQ Aplikasi Input Pemutakhiran PK23
01. Cara Mendapatkan Username dan Password Pendata?
Hubungi Supervisor dan/atau Manajer Data Wilayah Anda
02. Bagaimana Spesifikasi HP untuk Input Data PPK 2023?
1. Android Marshmallow 6.0 atau terbaru
2. Minimum Core Speed 1.5 Ghz atau lebih tinggi (untuk kenyamanan dalam akses aplikasi)
3. 2 GB of RAM atau lebih (untuk load data ke dalam smartphone)
4. 2 GB Free Space of Internal Storage (untuk kebutuhan restore dan backup data serta menyimpan registry aplikasi)
5. Kuota Internet/WiFi untuk kebutuhan load data dan kirim data ke server
03. Kebutuhan Permission Pada Smartphone
1. Map Tracking / GPS / Location
2. Read / Write Storage
3. Notification (Notifikasi)
04. Kapan Penggunaan Aplikasi Input Harus Online?
Pada saat download dan install aplikasi, pada saat login, Sinkkronisasi/Retrive data, dan Untuk mengirimkan Data Keluarga yang sudah lengkap tersimpan.
05. Apakah Input Data Keluarga Dapat Dilakukan Secara Offline?
Ya, Input Data Keluarga dapat dilakukan secara offline/mode pesawat.
06. Cara Memunculkan Popup Install Shortcut Aplikasi PWA?
Pada Smartphone Android:
Jika tidak muncul otomatis, klik menu titik2 ato garis vertikal d browser (umumnya di bagian kanan atas) kmd cari “tambahkan ke layar utama” atau “install aplikasi” (biasanya posisinya agak dibawah) berdekatan dengan tombol “Desktop Mode”.
Pada Smartphone IOS:
Buka PK21 menggunakan safari, ketuk Share, Ketuk Add To Home Screen, Ketuk Add.
Pada Laptop/PC:
Pada address bar browser klik tombol “Install Aplikasi”.
07. Cara Login Aplikasi Input?
1. Buka Aplikasi
2. Pada halaman login ketik username (umumnya polanya adl pKODEWILAYAHnama)
3. Ketik password
4. Tandai/centang "Saya Bukan Robot"
5. Klik Login
Jika muncul halaman Ubah Password:
Ketik Password Baru dan Konfirmasi Password Baru,
klik SIMPAN
08. Perbedaan Daftar Keluarga dan Daftar Draft?
Daftar Draft berisi data yang belum terisi penuh/belum lengkap dan tersimpan dengan mode “Save As Draft”
Daftar Keluarga berisi list data yang sudah terisi penuh/lengkap dan tersimpan.
10. Pada saat Pilih RW/RT Wilayah Pendataan Sesuai Ketugasan Tidak Muncul/tidak ada?
Hubungi Supervisor, hubungi Manajer Data
11. Muncul Halaman Untuk Mengisi Anggota Keluarga dan Tidak Bisa Lanjutkan apabila dikosongi?
Jika seluruh anggota keluarga sudah terisi kemudian muncul halaman isian data anggota keluarga dan tidak bisa Lanjutkan jika data kosong karena sudah tidak ada nggota keluarga yang lain maka cek isian Jumlah Anggota Keluarga pada Form Wilayah.
12. Pada saat mulai mengisi Form Data Kependudukan ada notifikasi “Terdapat No Keluarga Yang Sama” dan tidak dapat Lanjutkan
Cek pada Daftar Draft dan Data Keluarga apakah ada data dengan No. Urut Keluarga yang sama pada wilayah RT yang sama.
Edit atau sesuaikan No. Urut Keluarga.
Hasil Listing dapat menjadi acuan.
13. Hubungan Dengan Kepala Keluarga “Istri” tidak otomatis muncul pada anggota keluarga yang diinput setelah Kepala Keluarga dengan status kawin?
Cek Jenis Kelamin dan Status Perkawinan Kepala Keluarga
14. Ibu Kandung tidak muncul pada anggota keluarga dengan Hubungan Dengan Kepala Keluarga “Anak”
Cek Isian Jenis Kelamin dan Status Perkawinan Kepala Keluarga
Cek Isian Jenis Kelamin dan Status Perkawinan Istri Kepala Keluarga
15. Bagaimana Mengisikan Kode Ibu Kandung untuk Anak yang bukan anak kandung?
Jika Ibu Kandung tidak terdapat dalam form yang sama pilih Kode Ibu Kandung 00
16. Error Jumlah yang didata telah tercapai atau target kk belum diset
Error tersebut karena pendata input d RT yg sudah terpenuhi input Target Keluarganya.
– Cek Rekap RT, Bandingkan angka Jumlah Keluarga Yang Didata dengan Jumlah Keluarga Yang Ada (Target KK).
– Cek Daftar Keluarga pada RT
– Jika ada data dobel Hapus dobelnya,
– jika ada yg salah input -biasanya salah wilayah- lakukan edit
– Jika memerlukan penambahan target KK dapat dilakukan penambahan target KK mll pengaturan target KK di Portal (jika memungkinkan), komunikasikan dg SPV/MD/MP.
17. Error NIK Tidak Boleh Sama
Cek isian data seluruh anggota keluarga yg sudah terisi, bisa jadi ada data yg terisi/disimpan sebelumnya (pk21) ada yang salah isi nik di anggota keluarga.
Misal jika pada pk21 isian NIK Ibu salah, namun data NIK anak terisi nik ibu, maka
Edit dulu data anaknya, isikan NIK anak dengan benar
kemudian kembali ke form ibu, isikan NIK ibunya,
kemudian lanjutkan
18. Target KK tidak muncul/0
Jika Target KK di portal baru saja diset, tunggu kurang lebih 15 menit kemudian lakukan login ulang atau sinkronisasi.
Jika interval sudah cukup lama namun tetap belum muncul, sampikan ke SPV, MD untuk cek target KK di Portal
19. Data Tidak Ditemukan/Data tidak muncul di Daftar Keluarga
Lakukan Sinkronisasi/Logout Login
Pastikan sinyal bagus.
Sampikan ke SPV, MD untuk cek data PK21/PPK22 dan target KK di Portal
20. Pemutakhiran Keluarga terdata PK21/PPK22 namun pada saat PPK23 Keluarga telah pindah domisili
1. Buka Daftar Keluarga, kemudian edit keluarga, pilih Status Keluarga Pindah.
2. Klik Lanjutkan
3. Klik PERBARUI DATA.
21. Pemutakhiran Keluarga terdata PK21/PPK22 saat ini bertambah anggota keluarga
Misalkan pada PK21/PPK22 hanya pasangan suami isteri, kemudian saat PPK23 bertambah keluarga ada anak 1
Langkah Input:
1. Buka Daftar Keluarga, kemudian klik icon pensil untuk edit keluarga,
2. edit jumlah anggota keluarga sesuai jumlah saat ini (dalam contoh ini edit jml anggota keluarga 2 menjadi 3),
3. Pilih Status Keluarga 1.Ada.
4. Lanjutkan edit/input data keluarga dengan lengkapi data KK/Suami,
5. Lanjutkan edit/input data keluarga dengan lengkapi data Istri,
6. Lanjutkan edit/input data keluarga dengan lengkapi data Anak, pada form anak Mutasi Anggota Keluarga pilih Anggota Baru,
7. Lanjutkan edit/input Blok selanjutnya.
22. Pemutakhiran Keluarga terdata PK21/PPK22 namun pada PPK23, KK atau Istri Meninggal Dunia
Langkah Input:
1. Buka Daftar Keluarga, kemudian edit keluarga, pilih Status Keluarga "Ada".
2. Pada Form Keluarga, Pilih "Meninggal Dunia" pada kolom Mutasi Anggota Keluarga Suami/Istri yg meninggal dunia
3. Klik Selanjutnya..dst..
Status kawin akan berisi "Cerai Mati" pada Suami/Istri yang masih tinggal.
Jadi bukan lagi pilih keluarga bercerai kemudian tambahkan anggota baru.
23. Pemutakhiran Keluarga terdata PK21/PPK22 namun pada PPK23 telah bercerai dan Belum menikah lagi
Langkah Input:
1. Buka Daftar Keluarga, kemudian edit keluarga, pilih Status Keluarga Bercerai. klik Perbarui Data.
2. Input data keluarga baru untuk anggota keluarga yang masih ada. Misal yg masih tinggal adalah Istri dan anak, maka pada data baru status Istri/Ibu sebagai KK dengan status perkawinan Cerai Hidup, dan seterusnya.
24. Pemutakhiran Keluarga terdata PK21, telah bercerai, namun pada PPK22 telah bercerai/meninggal dunia dan sudah menikah lagi
Langkah Input:
1. Buka Daftar Keluarga, kemudian edit keluarga, pilih Status Keluarga Bercerai. klik Perbarui Data.
2. Input data keluarga baru untuk dengan anggota keluarga saat ini.
25. Pemutakhiran Keluarga terdata PK21/PPK22 Janda/Duda, pada PPK23 telah Menikah
Langkah Input:
1. Buka Daftar Keluarga, kemudian edit keluarga, edit jumlah anggota keluarga jika jumlah bertambah atau berkurang,
2. Pilih Status Keluarga 1.Ada.
3. Lanjutkan input data keluarga dengan Kepala keluarga adalah Suami/pasangan saat ini, Istri, Anak, dan seterusnya.
26. Error Nama Pengguna/Kata Sandi salah, silahkan cek kembali
Cek pengisian username dan password.
Tampilkan password untuk melakukan cek pengisian.
Jika pengisian sudah sesuai namun tetap gagal login, Lapor SPV/MD/MP.
27. Error Layar Putih
Beberapa opsi bisa dilakukan:
1. Clear/Hapus Cache/Histori/Riwayat chrome, kmd buka aplikasi lg
2. Ijinkan Cookie chrome
3. Cek kapasitas media penyimpanan/memory smartphone, kl space mepet bs dilonggarkan
4. Cek aplikasi yg berjalan bersamaan, close apps jika hpnya tdk kuat buka bbrp app sklgs.
5. Tutup kemudian buka chrome
6. Restart Smartphone
7. Cek Update Perangkat Lunak HP
8. Cek Sinyal
28. Pindah wilayah oleh pendata
Hanya bisa dilakukan jika wilayah asal dan tujuan merupakan wilayah kerja user pendata yang sama.
Langkahnya:
1. Edit data keluarga
2. Pilih Wilayah, sesuaikan no orut keluarga
3. Dan seterusnya
Catatan: sebelum memindahkan sebaiknya list/cek no urut keluarga seperti contoh video: https://youtu.be/lCFsueHJis4
29. Status data Keluarga
1. Tersimpan: Data Hasil pemutakhiran PK23 yang telah masuk ke server tp belum masuk ke proses antrian untuk validasi.
2. Received: data telah siap masuk antrian validasi di server
3. Anomali:
a. anggota keluarga berusia >= 17 tahun dengan NIK diisi 9 sebanyak 16 kali
b. anggota keluarga berusia < 10 TAHUN dengan status perkawinan "KAWIN"
c. jika anggota keluarga berusia < 10 TAHUN dengan status hubungan dengan kepala keluarga adalah "KEPALA KELUARGA"
d. jika anggota keluarga berusia < 10 TAHUN dan memiliki pekerjaan
e. jika anggota keluarga berusia < 5 TAHUN dan pendidikan terisi SELAIN tidak/belum sekolah
4. Anomali terkonfirmasi: data anomali yang telah di konfirmasi bahwa data seperti Point II adalah benar (dilakukan konfirmasi oleh MD)
5. Not Valid: Data Tidak Lolos validasi di Aplikasi Pengolahan, biasany ada notifikasi di daftar keluarga ( gradasi warna pink) variabel yang not Valid. agar valid maka lakukan perbaikan di variabel yang berwarna pink
6. Valid: data yang telah lolos validasi sistem pengolahan aplikasi.( data yang sudah sesuai dengan role validasi di system pengolahan)
30. Sudah Pilih Status Keluarga 1. Ada tapi tidak bisa Selanjutnya (Apps PPk23)
- Kembali ke halaman Home (icon rumah) kemudian
- Klik Sinkronisasi, tunggu sampai selesai.
- Ulangi edit/input data keluarga
31. Block Pink Data Keluarga
Terdapat Anggota Keluarga NIK 9 16x.
Edit dan betulkan NIK