Aplikasi Input PK21

Hubungi Supervisor dan/atau Manajer Data Wilayah Anda

*Spesifikasi smartphone tidak mengikat.*

Berdasarkan pengamatan dan coba2 datanya sebagai beikut:

Ukuran File Aplikasi Input Progressive Web Apps (PWA) PK21 sangat ringan ± 481KB

Perkiraan ukuran file data per Keluarga ± 12KB.

Perkiraan kebutuhan ruang penyimpanan data untuk 150 KK ± 1800KB atau 1,8MB

Gunakan Setting Tanggal dan Waktu Otomatis

Lakukan Update Browser sebelum mulai mendata

Hindari menggunakan “Night Mode”

1.  Input Data

2.  Perbaiki data yang tidak sesuai, perhatikan validasi dan notifikasi

3.  Klik Simpan Data setiap selesai input data baru atau

4.  Klik Update Data setiap selesai edit data atau draft

5.  Input dan Simpan Rekap RT

Pada saat pertama kali akses, Pada saat Login, dan Untuk mengirimkan Data Keluarga yang sudah lengkap tersimpan.

Ya, Input Data Keluarga dapat dilakukan secara offline/mode pesawat.

Pada Smartphone Android:

Jika tidak muncul otomatis, klik menu titik2 ato garis vertikal d browser (umumnya di bagian kanan atas) kmd cari “tambahkan ke layar utama” atau “install aplikasi” (biasanya posisinya agak dibawah) berdekatan dengan tombol “Desktop Mode”.

Pada Smartphone IOS:

Buka PK21 menggunakan safari, ketuk Share, Ketuk Add To Home Screen, Ketuk Add.

Pada Laptop/PC:

Pada address bar browser klik tombol “Install Aplikasi”.

 

Daftar Draft berisi data yang belum terisi penuh/belum lengkap dan tersimpan dengan mode “Save As Draft”

Daftar Keluarga berisi list data yang sudah terisi penuh/lengkap dan tersimpan.

Data kemungkinan belum terikirim ke server. Refresh dan tunggu feedback status

Data tidak hilang, akan kembali muncul setelah proses antrian selesai

Jika seluruh anggota keluarga sudah terisi kemudian muncul halaman isian data anggota keluarga dan tidak bisa Lanjutkan jika data kosong karena sudah tidak ada nggota keluarga yang lain maka cek isian Jumlah Anggota Keluarga pada Form Data Kependudukan.

Cek pada Daftar Draft dan Data Keluarga apakah ada data dengan No. Urut Keluarga yang sama pada wilayah yang sama.

Edit atau sesuaikan No. Urut Keluarga.

Hasil Listing dapat menjadi acuan.

Jika Ibu Kandung tidak terdapat dalam form yang sama pilih Kode Ibu Kandung 00

 

Periksa kembali Jawaban Blok KB No.7 Jenis alat/obat/cara KB (Kontrasepsi) yang dipakai saat ini atau terakhir dipakai.

Contoh:

Jika Jawaban Blok KB No.7 MOW atau MOP maka pilihan jawaban pada Blok KB No.8 hanya muncul RS Pemerintah/TNI/Polri dan RS Swasta

Pada saat mengisikan data pada form anak kode ibu kandung biarkan default 00 tidak perlu di klik.

Tips jika sudah terlanjur supaya bisa lanjutkan:

Save As Draft kemudian edit dati Daftar Draft

Coba lakukan opsi berikut (HP dalam mode Online):

1. Lakukan Logout kemudian Login Aplikasi PWA, atau

2. Hapus kemudian Install Aplikasi PWA dari chrome/browser pastikan di chrome/browser Aplikasi https://pk21.bkkbn.go.id/ sudah v 2.2.6

3. Jika opsi 2 belum ada perubahan datanya, lakukan refresh aplikasi atau Logout-Login Aplikasi

Layar putih kebanyakan terjadi di:

– Pengguna browser

– Ketika klik tombol Isi Data Baru dari halaman Ringkasan setelah Simpan Data / Perbarui Data

Solusi:

– Instal &/ gunakan Aplikasi PWA

– Input Data Baru melalui menu Tambah Data dari halaman Home atau dari Menu Profil.

Biasanya terjadi pada User Pendata yg hanya klik link dan langsung mengarah ke browser/peramban bawaan.

Kendala yang timbul selanjutnya biasanya data tidak segera dapat status dan ketika dibuka dengan aplikasi PWA data tidak langsung muncul.

Solusi:

Coba lakukan beberapa langkah berikut (sudah dilakukan di HP *Opp*):

  • Buka Chrome
  • Pastikan versi Chrome terupdate kemudian buka pk21.bkkbn.go.id (diketik saja atau jika berupa link pastikan default browser yg digunakan sudah diganti chrome)
  • Login di Chrome
  • Instal PWA dari Chrome
  • Lakukan Logout Login di Peramban
  • Login di PWA, jika data belum muncul
  • Logout kemudian Login di PWA

Semoga Berhasil.

Tersimpan: Data sdh tersimpan di server tapi masih dalam antrian/menunggu proses validasi.

Received: Data sedang dalam proses untuk divalidasi di server.

Valid/Tidak Valid/Anomali: Data selesai proses validasi di server, lakukan perbaikan utk data tidak valid atau konfirmasi bagi data anomali.

Kosong: Data baru tersimpan di penyimpanan lokal/hp, data belum terkirim ke server, klik tombol sync/refresh satu per satu  di sebelah kanan data.

Jika Pendata Mengalami:

1. status di HP Pendata kosong

2. status di HP Pendata banyak/semua data keluarga Tersimpan namun ketika dibuka di device/hp/laptop lain tidak muncul di Daftar Keluarga

sepertinya kondisi tsb yg menyebabkan data tdk aman/blm masuk server shg ada kmgknn bisa hilang.

Langkah utk mengamankan datanya (lakukan d hp pendata) :

  • Pastikan chrome terupdate
  • jika Pendata menggunakan Aplikasi: Buka pk21.bkkbn.go.id di chrome, kemudian lakukan logout login di chrome, coba buka/login di device lain..jika berhasil lakukan logout login di Aplikasi atau Delete aplikasi kmd instal dr chrome.
  • jika pendata menggunakan chrome: coba buka pk21.bkkbn.go.id menggunakan browser lain atau aplikasi, jika data muncul di browser lain atau aplikasi lakukan logout login di chrome. coba buka/login di device lain.
  • jika Pendata menggunakan Browser/Peramban bawaan: lakukan langkah 25 atau seperti di video berikut: https://youtu.be/_D-dIeubPA0

Catatan:

Pastikan sinyal internet bagus,

Buka tab chrome jngn terlalu banyak Tab,1 lbh baik.

Nonaktifkan atau hapus Aplikasi Cleaner, Antivirus dan Optimizer.

Jika mengalami progeres lebih dr 100%

– Lakukan deteksi dr Rekap setiap RT utk identifikasi yg kelebihan Jumlah Keluarga yg Didata

– Deteksi dpt dilanjutkan cek Daftar Keluarga per RT utk identifikasi kesalahan input

– Jika ada data dobel Hapus dobelnya

– Jika kelebihan data tsb valid/data sesuai lapangan dpt dilakukan penambahan target KK mll pengaturan target KK di Portal (jika memungkinkan), komunikasikan dg MD.

Jika pendata menyampaikan bahwa ybs sudah input semua data keluarga di wilayahnya namun belum 100%:

– Cek Daftar Keluarga (per RT), Bandingkan dengan data Listing/data sebenarnya.

– Bandingkan listing dengan Target KK, mgg user pendata dpt cek Jumlah Keluarga yang Ada di Rekap RT sebagai Target KK.

– Jika ada kelebihan Target terhadap listing dapat disesuaikan/dikurangi dg Update target di Pengaturan Target KK Portal supaya target sama dengan listing/data sebenarnya shg progres menjadi 100%.

Error tersebut karena pendata input d RT yg sudah terpenuhi input target Keluarganya.

– Lakukan deteksi dr Rekap setiap RT utk identifikasi, Bandingkan angka Jumlah Keluarga Yang Didata dengan Jumlah Keluarga Yang Ada (Target KK).

– Deteksi dpt dilanjutkan dg cek Daftar Keluarga per RT utk identifikasi kesalahan input

– Jika ada data dobel Hapus dobelnya,

– jika ada yg salah input/biasanya salah wilayah lakukan edit

– Jika memerlukan penambahan target KK dapat dilakukan penambahan target KK mll pengaturan target KK di Portal (jika memungkinkan), komunikasikan dg SPV/MD/MP.

Ada Tanggapan atau Usulan Pertanyaan untuk ditampilkan pada FAQs PK2021? Dengan senang hati mohon dikirimkan melalui Link Ini

Scroll to Top