Pertanyaan dan Jawaban Aplikasi PK2021
Aplikasi Portal PK21
01. Cara Mengetahui Username Manajer Pengelola dan Manajer Data?
Username Manajer Pengelola Manajer Data sudah disediakan/dibuatkan, hubungi Admin.
02. Cara Mengetahui Username Supervisor?
Username Supervisor sudah disediakan/dibuatkan. Utk melihat daftar username supervisor dapat dilakukan dg cara:
Login portal sebagai Manajer kemudian:
Pengaturan > User > Pilih Role Supervisor > Klik Tampilkan
Username Supervisor diawali huruf “spv” dengan pola “spvKodeProvKodeKabKodeKecNAMAKELURAHAN”,
Contoh:
Username spv di Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta dg kode Kecamatan 19
usernamenya adl: spv340419KELURAHAN
03. Cara Update Profil?
Langkah update profil:
Login di Portal > Klik My Profile > kemudian Lengkapi Profil > Simpan Profil
04. Cara Mengganti Username?
Username yang telah dibuat tidak dapat diganti/ubah/edit. Hubungi admin
05. Cara Reset Password?
Login Portal kemudian klik My Profile > pada bagian Perubahan Password isi Password lama > isi Password Baru > isi Konfirmasi Password Baru (sama dengan Password Baru) >klik Ubah Password.
06. Bagaimana Sebaiknya Tahapan Pengaturan Aplikasi Portal?
Sebaiknya Urutan Penggunaan menu Pengaturan pada Aplikasi Portal sebagi berikut:
1. Pengaturan Master Wilayah untuk memastikan wilayah sudah tersusun dengan benar
2. Pengaturan Target KK Wilayah untuk memastikan wilayah sudah terdistribusi dengan benar
3. Pengaturan User untuk membuat User Pendata dan memastikan user setiap wilayah tersedia
Pengaturan Indikator Proses fleksibel
07. Bagaimana Sebaiknya Tahapan Perapihan Wilayah?
Tahapan Perapihan Wilayah
1. Langkah Pertama yang harus dilakukan oleh Manajer adalah Memeriksa data wilayah pada Master Wilayah
2. Jika ada data yang tidak sesuai &/ tidak lengkap maka Manajer Data harus melengkapi &/ meng-edit
3. Jika ada Wilayah yang belum ada di daftar wilayah lakukan Tambah Wilayah
4. Jika data Wilayah sudah Lengkap dan Sesuai lanjutkan ke proses berikutnya
Catatan: User mp hanya dapat melihat/memeriksa wilayah. Gunakan User md untuk melakukan perubahan wilayah (edit, tambah, atau hapus), hindari pindah wilayah.
08. Bagaimana Ketentuan Input Target KK?
Penetapan Target Kepala Keluarga di wilayah kecamatan:
1. Target KK maksimal Kecamatan didapat dari (dikoordinasikan dengan)BKKBN Provinsi
2. Jumlah seluruh target KK per RT tidak boleh lebih besar dari Maksimal target Kecamatan
3. Manajer Data dapat mengelola target KK per RT antar wilayah selama tidak melebihi maks target kecamatan
4. Lapor admin provinsi jika akan merubah target KK maks kecamatan hasil pemetaan
Tips:
Untuk mempermudah/lancar input data Target KK, terlebih dahulu dapat dilakukan pembagian Target Kecamatan ke Target RT di file excel sebelum diinput ke Portal.
09. Notifikasi Update Target KK Berhasil?
Jika Update Target KK Berhasil:
Akan ada popup notifikasi “Data Berhasil Disimpan” dengan latar warna hijau. Biasanya muncul dalam waktu yg relatif singkat di bagian kanan atas browser beberapa saat setelah kilik Update Target
10. Notifikasi Update Target KK TIDAK Berhasil?
Jika Update Target KK TIDAK Berhasil:
Akan ada popup notifikasi yang menunjukkan kesalahan pengisian target seperti:
“Target KK tidak boleh melebihi batas: 0” yang menunjukkan Maks. Target KK Kecamatan belum diisi/diupdate krn masih menggunakan angka default 0
“Total Target KK melebihi Target Kecamatan” yang menunjukkan jumlah total isisan target KK per RT lebih dari angka Maks. Target KK Kecamatan
11. Siapa yang Membuat Username Pendata?
Manajer Data masing-masing wilayah
13. Cara Menambah User Pendata?
1. Klik menu pengaturan
2. Klik User
3. Klik Tambah User
4. Ketik Username (sesuai ketentuan)
5. Lengkapi form pendaftaran user, PASTIKAN SEMUA KOLOM TERISI DATA VALID.
6. Pilih Role Pendata
- Pilih Kelurahan
- Pilih RW
- Pilih RT
8. Klik Tambah Wilayah
9. Klik Tambah User Baru
14. Bagaimana Ketentuan Username Pendata?
Tuliskan NamaPendek Pendata pada Username. Setelah Tambah Username berhasil, Username secara otomatis akan ditambahkan kodewilayah user di depan NamaPendek user.
Username yang digunakan Pendata untuk login di Aplikasi Input adalah Username yang sudah ditambahkan kodewilayah user di depan NamaPendek user.
Nama Lengkap dituliskan pada kolom Nama Lengkap.
15. Cara Edit / Hapus Username Pendata?
Username tidak dapat diedit/dihapus. Termasuk user yang dinonaktifkan.
16. Bagaimana Menentukan Metode Pendataan?
Login Portal sebagai Manajer kemudian:
1. Klik menu pengaturan, pilih User
2. Pilih Role Supervisor
3. Pilih salah satu Wilayah Desa atau semua wilayah
4. Klik tombol tampilkan, Selanjutnya akan muncul list user supervisor
5. klik tombol Edit User (warna hijau) pada kolom aksi
6. Lengkapi form pendaftaran user supervisor sesuai dengan biodata calon supervisor
7. Tentukan metode pendataan, Klik tombol Metode Pendataan.
Pastikan tombol Metode Pendataan Smatrphone aktif/berwarna biru bagi wilayah smartphone.
Klik Update User untuk menyimpan perubahan.
17. Wilayah Tidak Urut?
Pada Master Wilayah:
Wilayah dapat diurutkan sesuai kode wilayah dengan cara klik tulisan “kode wilayah” di setiap tabel detail wilayah.
Pada Target KK Wilayah:
Urutan Wilayah Sesuai Abjad, tidak ada opsi untuk merubah urutan.
18 . Sudah Simpan Data Keluarga Tapi di Portal Masih Kosong?
Pada Aplikasi Input: Data kemungkinan belum terikirim ke server. Refresh dan tunggu feedback status
Pada Aplikasi Portal: Cek Melalui Menu Monitoring
19. Wilayah RT Tidak Muncul saat penambahan wilayah Userpendata?
Cek apakah Wilayah RT sudah tersedia di Master Wilayah,
Cek apakah Wilayah sudah digunakan User lain
Catatan: 1 RT hanya boleh terdapat 1 userpendata.
20. Sudah Simpan Data Keluarga Tapi di Portal Masih Kosong?
Pada Aplikasi Input: Data kemungkinan belum terikirim ke server. Refresh dan tunggu feedback status
Pada Aplikasi Portal: Cek Melalui Menu Monitoring
21. Data dan Grafik di Beranda Portal Kadang Muncul Kadang Kosong?
Jika Data di Beranda tidak muncul/kosong bisa diabaikan. Untuk Melihat Progres bisa melalui Menu Monitoring
22. Angka Target di Beranda Tidak Berubah padahal Sudah Lakukan Update Target
Angka Target yang muncul di beranda adalah Target KK H-1 perubahan sehingga tidak otomatis berubah ketika dilakukan Update Target.