Aplikasi Input PK21
01. Cara Mendapatkan Username dan Password Pendata?
Hubungi Supervisor dan/atau Manajer Data Wilayah Anda
02. Bagaimana Spesifikasi HP untuk Input Data PK 2021?
*Spesifikasi smartphone tidak mengikat.*
Berdasarkan pengamatan dan coba2 datanya sebagai beikut:
Ukuran File Aplikasi Input Progressive Web Apps (PWA) PK21 sangat ringan ± 481KB
Perkiraan ukuran file data per Keluarga ± 12KB.
Perkiraan kebutuhan ruang penyimpanan data untuk 150 KK ± 1800KB atau 1,8MB
03. Adakah Tips untuk Kelancaran Input Data PK 2021?
Gunakan Setting Tanggal dan Waktu Otomatis
Lakukan Update Browser sebelum mulai mendata
Hindari menggunakan “Night Mode”
04. Apa saja yang harus dilakukan oleh Pendata Pada Aplikasi Input?
1. Input Data
2. Perbaiki data yang tidak sesuai, perhatikan validasi dan notifikasi
3. Klik Simpan Data setiap selesai input data baru atau
4. Klik Update Data setiap selesai edit data atau draft
5. Input dan Simpan Rekap RT
05. Kapan Penggunaan Aplikasi Input Harus Online?
Pada saat pertama kali akses, Pada saat Login, dan Untuk mengirimkan Data Keluarga yang sudah lengkap tersimpan.
06. Apakah Input Data Keluarga Dapat Dilakukan Secara Offline?
Ya, Input Data Keluarga dapat dilakukan secara offline/mode pesawat.
07. Cara Memunculkan Popup Install Shortcut Aplikasi PWA?
Pada Smartphone Android:
Jika tidak muncul otomatis, klik menu titik2 ato garis vertikal d browser (umumnya di bagian kanan atas) kmd cari “tambahkan ke layar utama” atau “install aplikasi” (biasanya posisinya agak dibawah) berdekatan dengan tombol “Desktop Mode”.
Pada Smartphone IOS:
Buka PK21 menggunakan safari, ketuk Share, Ketuk Add To Home Screen, Ketuk Add.
Pada Laptop/PC:
Pada address bar browser klik tombol “Install Aplikasi”.
08. Perbedaan Menu Daftar Keluarga dan Daftar Draft?
Daftar Draft berisi data yang belum terisi penuh/belum lengkap dan tersimpan dengan mode “Save As Draft”
Daftar Keluarga berisi list data yang sudah terisi penuh/lengkap dan tersimpan.
10 . Pendata Sudah Simpan Data Keluarga Tapi Status Kosong?
Data kemungkinan belum terikirim ke server. Refresh dan tunggu feedback status
11. Pada Daftar Keluarga ketika klik refresh data malah hilang dari list
Data tidak hilang, akan kembali muncul setelah proses antrian selesai
12. Pada saat Pilih RW/RT Wilayah Pendataan Sesuai Ketugasan Tidak Muncul/tidak ada?
Hubungi Supervisor, hubungi Manajer Data
13. Muncul Halaman Untuk Mengisi Anggota Keluarga dan Tidak Bisa Lanjutkan apabila dikosongi?
Jika seluruh anggota keluarga sudah terisi kemudian muncul halaman isian data anggota keluarga dan tidak bisa Lanjutkan jika data kosong karena sudah tidak ada nggota keluarga yang lain maka cek isian Jumlah Anggota Keluarga pada Form Data Kependudukan.
14. Pada saat mulai mengisi Form Data Kependudukan ada notifikasi “Terdapat Data Yag Sama” dan tidak dapat Lanjutkan
Cek pada Daftar Draft dan Data Keluarga apakah ada data dengan No. Urut Keluarga yang sama pada wilayah yang sama.
Edit atau sesuaikan No. Urut Keluarga.
Hasil Listing dapat menjadi acuan.
15. Hubungan Dengan Kepala Keluarga “Istri” tidak otomatis muncul pada anggota keluarga yang diinput setelah Kepala Keluarga dengan status kawin?
Cek Jenis Kelamin Kepala Keluarga
16. Ibu Kandung tidak muncul pada anggota keluarga dengan Hubungan Dengan Kepala Keluarga “Anak”
Cek Jenis Kelamin Kepala Keluarga
17. Bagaimana Mengisikan Kode Ibu Kandung untuk Anak yang bukan anak kandung?
Jika Ibu Kandung tidak terdapat dalam form yang sama pilih Kode Ibu Kandung 00
18. Pada Blok KB No.8. Sumber mendapatkan pelayanan alat/obat/cara KB terakhir pilihan jawaban tidak muncul sepenuhnya seperti di formulir kertas
Periksa kembali Jawaban Blok KB No.7 Jenis alat/obat/cara KB (Kontrasepsi) yang dipakai saat ini atau terakhir dipakai.
Contoh:
Jika Jawaban Blok KB No.7 MOW atau MOP maka pilihan jawaban pada Blok KB No.8 hanya muncul RS Pemerintah/TNI/Polri dan RS Swasta
19. Bagaimana cara mengisikan Blok PK No. 25. Luas rumah/bangunan keseluruhan (m2)? Semisal ada 3 Keluarga yang tinggal dalam bangunan yang sama?
Isikan Luas Rumah/Bangunan dengan angka yang sama pada form seluruh Keluarga tersebut
21. Apakah harus klik Perbaharui Data/Simpan Data Pada halaman Preview Edit Data di bagian akhir form/sesi wawancara?
Ya, untuk menyimpan data.
22. Tidak bisa lanjut ketika input data Duda dengan Anak padahal dikolom Kode Ibu Kandung pada Anak sudah dipilih 00?
Pada saat mengisikan data pada form anak kode ibu kandung biarkan default 00 tidak perlu di klik.
Tips jika sudah terlanjur supaya bisa lanjutkan:
Save As Draft kemudian edit dati Daftar Draft
23. Solusi kendala aplikasi v 2.2.6 Replikasi lama/tidak selesai/tidak berhasil, Refresh Lama/Status Tetap Kosong/ Data kosong/hanya muncul sebagian?
Coba lakukan opsi berikut (HP dalam mode Online):
1. Lakukan Logout kemudian Login Aplikasi PWA, atau
2. Hapus kemudian Install Aplikasi PWA dari chrome/browser pastikan di chrome/browser Aplikasi https://pk21.bkkbn.go.id/ sudah v 2.2.6
3. Jika opsi 2 belum ada perubahan datanya, lakukan refresh aplikasi atau Logout-Login Aplikasi
24. Misteri Layar Putih v 2.2.6?
Layar putih kebanyakan terjadi di:
– Pengguna browser
– Ketika klik tombol Isi Data Baru dari halaman Ringkasan setelah Simpan Data / Perbarui Data
Solusi:
– Instal &/ gunakan Aplikasi PWA
– Input Data Baru melalui menu Tambah Data dari halaman Home atau dari Menu Profil.
25. Solusi Menampilkan Data dari Peramban/Browser Bawaan di PWA?
Biasanya terjadi pada User Pendata yg hanya klik link dan langsung mengarah ke browser/peramban bawaan.
Kendala yang timbul selanjutnya biasanya data tidak segera dapat status dan ketika dibuka dengan aplikasi PWA data tidak langsung muncul.
Solusi:
Coba lakukan beberapa langkah berikut (sudah dilakukan di HP *Opp*):
- Buka Chrome
- Pastikan versi Chrome terupdate kemudian buka pk21.bkkbn.go.id (diketik saja atau jika berupa link pastikan default browser yg digunakan sudah diganti chrome)
- Login di Chrome
- Instal PWA dari Chrome
- Lakukan Logout Login di Peramban
- Login di PWA, jika data belum muncul
- Logout kemudian Login di PWA
Semoga Berhasil.
26. Status v 2.2.6
Tersimpan: Data sdh tersimpan di server tapi masih dalam antrian/menunggu proses validasi.
Received: Data sedang dalam proses untuk divalidasi di server.
Valid/Tidak Valid/Anomali: Data selesai proses validasi di server, lakukan perbaikan utk data tidak valid atau konfirmasi bagi data anomali.
Kosong: Data baru tersimpan di penyimpanan lokal/hp, data belum terkirim ke server, klik tombol sync/refresh satu per satu di sebelah kanan data.
27. Menghindari Data Tiba2 Hilang (untuk kasus yg sama)
Jika Pendata Mengalami:
1. status di HP Pendata kosong
2. status di HP Pendata banyak/semua data keluarga Tersimpan namun ketika dibuka di device/hp/laptop lain tidak muncul di Daftar Keluarga
sepertinya kondisi tsb yg menyebabkan data tdk aman/blm masuk server shg ada kmgknn bisa hilang.
Langkah utk mengamankan datanya (lakukan d hp pendata) :
- Pastikan chrome terupdate
- jika Pendata menggunakan Aplikasi: Buka pk21.bkkbn.go.id di chrome, kemudian lakukan logout login di chrome, coba buka/login di device lain..jika berhasil lakukan logout login di Aplikasi atau Delete aplikasi kmd instal dr chrome.
- jika pendata menggunakan chrome: coba buka pk21.bkkbn.go.id menggunakan browser lain atau aplikasi, jika data muncul di browser lain atau aplikasi lakukan logout login di chrome. coba buka/login di device lain.
- jika Pendata menggunakan Browser/Peramban bawaan: lakukan langkah 25 atau seperti di video berikut: https://youtu.be/_D-dIeubPA0
Catatan:
Pastikan sinyal internet bagus,
Buka tab chrome jngn terlalu banyak Tab,1 lbh baik.
Nonaktifkan atau hapus Aplikasi Cleaner, Antivirus dan Optimizer.
29. Progres lebih dari 100%?
Jika mengalami progeres lebih dr 100%
– Lakukan deteksi dr Rekap setiap RT utk identifikasi yg kelebihan Jumlah Keluarga yg Didata
– Deteksi dpt dilanjutkan cek Daftar Keluarga per RT utk identifikasi kesalahan input
– Jika ada data dobel Hapus dobelnya
– Jika kelebihan data tsb valid/data sesuai lapangan dpt dilakukan penambahan target KK mll pengaturan target KK di Portal (jika memungkinkan), komunikasikan dg MD.
30. Semua Data Keluarga Sudah Terkirim dan mendapatkan status namun Progres Belum 100%
Jika pendata menyampaikan bahwa ybs sudah input semua data keluarga di wilayahnya namun belum 100%:
– Cek Daftar Keluarga (per RT), Bandingkan dengan data Listing/data sebenarnya.
– Bandingkan listing dengan Target KK, mgg user pendata dpt cek Jumlah Keluarga yang Ada di Rekap RT sebagai Target KK.
– Jika ada kelebihan Target terhadap listing dapat disesuaikan/dikurangi dg Update target di Pengaturan Target KK Portal supaya target sama dengan listing/data sebenarnya shg progres menjadi 100%.
31. Tidak bisa lanjut input dan dapat notifikasi merah “Jumlah yg didata telah tercapai”?
Error tersebut karena pendata input d RT yg sudah terpenuhi input target Keluarganya.
– Lakukan deteksi dr Rekap setiap RT utk identifikasi, Bandingkan angka Jumlah Keluarga Yang Didata dengan Jumlah Keluarga Yang Ada (Target KK).
– Deteksi dpt dilanjutkan dg cek Daftar Keluarga per RT utk identifikasi kesalahan input
– Jika ada data dobel Hapus dobelnya,
– jika ada yg salah input/biasanya salah wilayah lakukan edit
– Jika memerlukan penambahan target KK dapat dilakukan penambahan target KK mll pengaturan target KK di Portal (jika memungkinkan), komunikasikan dg SPV/MD/MP.